Pastikan Keamanan, Polres Demak Gelar Apel Pengamanan Malam Tahun Baru 2024

 

Demak – Polres Demak menggelar apel kesiapsiagaan pasukan dalam rangka pengamanan malam tahun baru 2024 di Alun-alun Simpang Enam Demak, Minggu (31/12/2023) sore. Apel gelar pasukan diikuti ratusan personel gabungan TNI-Polri, Satpol PP, dan unsur terkait lainnya.

 

Apel pengamanan itu dipimipin oleh Bupati Demak, dr. Eisti’anah diikuti oleh Kapolres Demak, Dandim 0716 Demak dan Forkopimda.

 

Dalam sambutannya, Eisti’anah mengatakan, apel gelar pasukan diselenggarakan untuk mengecek kesiapan dan kesiapsiagaan dalam rangka meningkatkan sinegritas dan mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Demak.

 

“Melalui apel gelar pasukan ini, kami ajak semuanya untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dini di tengah-tengah masyarakat. Ini harus diperhatikan, mengingat saat ini telah ditemukan varian baru Covid-19, Omicron EG.5.1 alias ‘Eris,” kata Bupati Eisti’anah.

 

Eisti’anah menekankan, jangan sampai pandemi kembali terjadi karena ada kerumunan di malam tahun baru. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk selalu menerapkan protokol kesehatan.

 

“Ini harus menjadi perhatian bersama, karena menjelang pergantian tahun nanti, masyarakat kita akan cenderung mengadakan kegiatan berkerumunan,” ungkapnya.

 

Eisti’anah berharap kondusifitas wilayah harus tetap terjaga sepanjang tahun 2024 nanti. Mengingat Indonesia akan melaksanakan pemilihan umum.

 

Menjadi harapan bersama pesta demokrasi ini bisa berjalan aman, tertib damai dalam situasi yang kondusif. Maka, semua harus bisa mengedukasi masyarakat untuk bisa menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

 

“Perbedaan pendapat dan pilihan adalah hal yang lumrah terjadi. Namun, perbedaan yang ada tidak boleh menjadikan sumber permasalahan,” tandasnya.

 

Sementara, Kapolres Demak AKBP Muhammad Purbaya menjelaskan, pada malam pergantian tahun di Kabupaten Demak, ada sejumlah lokasi yang menjadi pusat konsentrasi massa. Diantaranya kawasan Alun-alun Simpang Enam Demak, Lapangan Tembiring serta Gereja-gereja yang mengadakan rangkaian ibadah Natal, sehingga di lokasi tersebut disiagakan personel.

 

Sebanyak 400 personel gabungan disiagakan dalam pengamanan perayaan malam tahun baru 2024 di Demak

 

“Sudah kami informasikan kepada masyarakat bahwa di malam pergantian tahun, akses menuju kawasan Alun-alun Simpang Enam Demak ditutup total. Tentunya akan terjadi ketersendatan arus lalulintas di beberapa titik menuju Alun-alun Simpang Enam Demak,” terangnya.

 

“Namun kami sudah mengantisipasi dengan menempatkan personel di titik tersebut serta sudah mengantisipasi dengan rekayasa lalu lintas, sehingga nantinya tidak terjadi penumpukan dan ketersendatan arus lalulintas,” pungkasnya.

 

 

Munthohar_Ershi